Parit Tokaya Raih Penghargaan PHBS Tingkat Nasional

Kota Pontianak kembali mengukir prestasi di tingkat nasional dengan diraihnya penghargaan Pakarti Madya III Tingkat Nasional sebagai pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kategori kota tahun 2012 oleh Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan. Penghargaan ini diserahkan pada tanggal 28 Juni 2012 lalu bertepatan Hari Keluarga Nasional XIX di Lombok, Nusa Tenggara Barat. “Saya berharap kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Parit Tokaya, jangan berhenti memberikan pembinaan kepada masyarakat walaupun telah meraih penghargaan hingga tingkat nasional. Selalu berikan dan tingkatkan pembinaan di lingkungan masyarakat,” pesan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji di hadapan peserta studi banding kelurahan ber-PHBS di Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan, Senin (16/7) di Aula Kantor Camat Pontianak Selatan.
            Menurut Lismaryani, prestasi yang telah diraih Kelurahan Parit Tokaya diharapkan menjadi motivasi bagi kelurahan-kelurahan lainnya agar bisa meraih prestasi yang sama. “Karena Kelurahan Parit Tokaya menjadi contoh dan acuan bagi kelurahan lainnya, bahkan bisa jadi Kelurahan Parit Tokaya menjadi rujukan bagi kabupaten/kota lainnya,” katanya.
            TP PKK Kota Pontianak menggelar studi banding ini dengan mengundang TP PKK kecamatan dan kelurahan se Kota Pontianak untuk belajar khususnya terkait pelaksanaan PHBS di Kelurahan Parit Tokaya yang telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional.
            Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPMPAKB) Kota Pontianak, Dharmanelly menuturkan, PHBS di tingkat rumah tangga dibina melalui kemitraan dengan TP PKK yang telah menjadi bagian dari kesatuan gerak PKK KB Kesehatan. “Diharapkan melalui kegiatan ini semua kelurahan di Kota Pontianak ber-PHBS,” tutur Dharmanelly.
            Camat Pontianak Selatan, Yuni Rosdiah mengungkapkan, ada empat poin penting yang harus dilakukan untuk mencapai kelurahan ber-PHBS yakni peran masyarakat, peran PKK, lembaga swadaya masyarakat, karang taruna dan lainnya, peran pemerintah dan peran sektor swasta. “Jadi semua peran ini apabila bersinergi dan berjalan dengan baik, maka PHBS bisa diterapkan di setiap rumah tangga,” pungkasnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks