Pembangunan Kota Pontianak Maju Pesat

Pembangunan di Kota Pontianak dinilai sudah mencapai kemajuan yang luar biasa. Hal ini diungkapkan Walikota Pontianak, Sutarmidji saat membuka MTQ ke 24 Kota Pontianak, Jum’at (3/2) malam di halaman Kantor Camat Pontianak Barat. “Kenapa saya katakan luar biasa, ketika saya menjadi Walikota Pontianak Pendapatan Asli Daerah (PAD) kurang lebih Rp 60 an miliar, itu tiga tahun yang lalu. Nah, sekarang ini sudah mencapai Rp 206 miliar. Sehingga kalau bapak ibu tanya dari mana dana untuk bangun jalan, untuk bangun sekolah dan lainnya, dari PAD itulah yang kita lakukan,” ujar Sutarmidji.
Selain itu, lanjutnya lagi, di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak juga telah melakukan efisiensi-efisiensi yang luar biasa. “Bahkan saya tahu, pegawai-pegawai itu marah dengan saya karena perjalanan dinasnya saya batasi, mau buat tim saya batasi. Padahal saya tidak mau ada yang tidak efisien, tidak mau ada yang mubazir, tidak mau ada yang tidak bermanfaat. Anggaran kita digunakan untuk kepentingan masyarakat Kota Pontianak,” paparnya.
Sutarmidji menjelaskan, pembangunan infrastruktur jalan di Kota Pontianak saat ini sedang dibenahi. Untuk Jalan Tabrani Ahmad apabila permasalahan pembebasan tanahnya selesai maka tahun ini juga pembangunan jalan ini bisa selesai hingga ujung jalan. Demikian juga Jalan Kom Yos Sudarso juga akan selesai dikerjakan perbaikannya.
Namun Sutarmidji membantah jika dikatakan pembangunan di wilayah Kecamatan Pontianak Barat dianakemaskan. “Kalau ada yang bilang Pontianak Barat dianakemaskan, lihat saja di Jalan Tabrani Ahmad itu jalannya masih rusak, begitu juga Jalan Kom Yos Sudarso,” tandasnya.
Untuk wilayah Pontianak Utara, Jalan 28 Oktober akan dinaikkan dan juga akan ada jalur lambat di sana. Wilayah Pontianak Timur, Jalan Tanjung Raya II pembangunan jalannya akan selesai hingga ke Parit Mayor.
Sementara itu, untuk sektor pendidikan, Pemkot berencana membangun satu Sekolah Dasar di SMP 16. Selain itu, tahun ini ditargetkan pembangunan SMK Pelayaran juga akan selesai. Pembangunan SMP Terpadu di wilayah Pontianak Selatan juga ditargetkan tahun ini akan selesai.  “Kita juga membangun kembali SMP 5 menjadi empat lantai supaya bisa lebih banyak menampung murid,” terangnya.
Menurutnya, masih banyak lagi pembangunan yang harus dilaksanakan. Dia berkomitmen untuk tetap melaksanakan pembangunan di Kota Pontianak demi kepentingan bersama. “Yang paling berat untuk dilaksanakan tapi harus dilaksanakan yakni pembangunan jalan paralel Sungai Jawi. Sekalipun bapak ibu yang tinggal di sana marah-marah, saya akan tetap lanjutkan jalan paralel Sungai Jawi,” tegasnya.
Walikota mengatakan, apa yang dilakukannya ini demi kepentingan masyarakat bersama, bukan untuk kepentingannya pribadi. “Coba saja liat nanti kalau jalan paralel Sungai Jawi sudah selesai, bapak ibu yang tinggal di sana baru bisa menikmati Sungai Jawi. Kalau sekarang, yang bisa dinikmati hanya jembatan, begitu menggunakan sampan melalui sungai kita tidak akan merasa nyaman karena ada ratusan jembatan yang dilewati. Kita akan buat Sungai Jawi jadi tempat wisata air,” paparnya.
Terkait Rumah Sakit Daerah Kota Pontianak, lanjutnya, ditargetkan akan mulai difungsikan mulai bulan Juli mendatang. Bahkan, beberapa waktu lalu, ada tim dari pusat yang ingin membantu peralatan untuk rumah sakit ini, ketika meninjau bangunan gedungnya, terpaksa harus merevisi bantuannya karena diluar perkiraan mereka. “Mungkin perkiraan mereka daerah membangun rumah sakit itu hanya sekedar membangun rumah sakit. Begitu mereka lihat bangunan rumah sakit kita, mereka kaget. Mereka harus merevisi lagi bantuannya karena perkiraan mereka sekitar Rp 10 sampai Rp 15 milyar cukup peralatannya. Ternyata begitu melihat bangunan gedung rumah sakit kita besar dan megah, perkiraan mereka meleset,” pungkasnya. (jm)

1 komentar:

bakanekobaka mengatakan...

Memang SiiP la Pak Wali satu ni. Semakin tak nyesel aku pilih Pak Midji pada 2008 lalu. Terus maju Pak Midji, demi kota kita tercinta. Insya Allah akan terus kudukung, kalau perlu hingga 2018.

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks