Sutarmidji Optimis Untan Bisa Sejajar

Walikota Pontianak, Sutarmidji menilai, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak di usia lebih dari setengah abad ini telah menghasilkan alumni-alumni yang mampu membangun Kalimantan Barat (Kalbar) umumnya, maupun Kota Pontianak khususnya. “Dengan usia lebih dari setengah abad itu, Untan telah maju sangat pesat dan sekarang sudah memiliki sembilan fakultas, yang hampir keseluruhan fakultas itu alumninya mampu untuk membangun Kalbar maupun Kota Pontianak,” ujar Sutarmidji, Selasa (7/2) di ruang kerjanya.
            Sebagai salah satu alumnus Untan ini, Sutarmidji mengakui, perkembangan Untan sangat luar biasa apalagi Untan akan membuka jurusan Bahasa Mandarin. “Ini menunjukkan bahwa Untan mampu membaca kebutuhan bagi perkembangan investasi Kota Pontianak,” kata alumnus Fakultas Hukum Untan ini.
            Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  Kalbar, tambah dia, sektor kesehatan sangat penting menjadi perhatian dan Untan juga sudah melahirkan beberapa dokter untuk mengisi kekurangan dokter yang ada di Kalbar.
            Sutarmidji juga menilai, kualitas dari alumni Untan ini sangat baik, tidak ketinggalan dari universitas-universitas lainnya di Indonesia. “Bahkan bisa lebih baik dibandingkan alumni universitas-universitas besar lainnya di Indonesia,” ucapnya.
            Dia menambahkan, banyak alumni-alumni Untan yang bisa mencapai jenjang pendidikan yang paling tinggi dengan prestasi yang luar biasa. “Jadi, Untan merupakan universitas yang sangat kita banggakan di Kalbar dan saya yakin kedepan Untan bisa melebihi kualitasnya dengan universitas-universitas besar yang ada di Indonesia, bahkan mungkin mampu menyaingi beberapa universitas yang ada di ASEAN khususnya di tingkat fakultas-fakultas tertentu seperti MIPA, kedokteran dan nantinya jurusan Bahasa Mandarin,” kata Sutarmidji optimis.
            Dia berharap, Untan hendaknya harus terus berbenah dan untuk mensejajarkan Untan dengan univeristas-universitas besar di Indonesia bahkan di ASEAN, semua civitas akademika harus saling bahu-membahu untuk mencapai target itu. “Dan di bawah kepemimpinan rektor sekarang, Prof DR Thamrin Usman, saya yakin Untan akan mengalami perkembangan yang luar biasa dalam beberapa tahun ke depan,” ungkapnya.
            Selain itu, Walikota juga berharap Untan terus menjalin kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah yang ada di Kalbar dan mengetahui kebutuhan sumber daya manusia yang diperlukan pemerintah daerah. “Sehingga Untan mampu menempatkan diri sebagai gudangnya SDM yang dibutuhkan dalam membangun daerah yang ada di Kalbar ini,” pungkasnya. (jm)
           

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks