Musrenbang Tak Hanya Soal Infrastruktur

Pola partisipasi aktif masyarakat dalam proses Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan dinilai sudah sangat baik meskipun persoalan yang sering disampaikan adalah persoalan infrastruktur. “Ini yang masih perlu kita perluas lagi bahwa persoalan musrenbang tidak hanya sekedar persoalan infrastruktur tapi banyak persoalan lainnya,” ungkap Wakil Walikota Pontianak, Paryadi saat membuka Musrenbang Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (8/2) di aula Gedung Terpadu, Jalan Sutoyo Pontianak.
            Paryadi menambahkan, dalam pemaparan musrenbang perlu dipresentasikan di hadapan peserta dalam bentuk tampilan di layar proyektor. “Jadi,  dalam setiap pemaparan musrenbang kecamatan perlu model seperti ini. Artinya dipresentasikan, tidak hanya sekedar camat menyampaikan dalam bentuk-bentuk tulisan tetapi dalam bentuk presentasi melalui layar sehingga masyarakat tahu mana daerah-daerah yang mengusulkan dan mana daerah-daerah yang perlu prioritas,” ujarnya.
            Tak hanya itu, dia juga minta pemaparan usulan daerah-daerah atau gang-gang yang menjadi prioritas agar menampilkan foto-foto atau gambar terbaru saat melakukan presentasi dalam musrenbang sehingga masyarakat mengetahui mana daerah yang menjadi skala prioritas.
            Paryadi menjelaskan, pelaksanaan pembangunan tidak terlepas dari pembangunan yang komprehensif. “Artinya tidak sekedar persoalan kecamatan itu hanya pada lingkungannya saja tetapi juga berhubungan dengan kecamatan-kecamatan lainnya,” jelas dia.
            Menurut Wakil Walikota, dari aspek penataan kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melihatnya dari skala yang lebih luas, tidak hanya ruang lingkup kecamatan saja. “Sehingga koordinasi antar kecamatan juga harus ditingkatkan dan dikuatkan,” tukasnya.
            Selain itu, banyaknya investor yang menanamkan modalnya di daerah juga berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dan penunjang dari investasi daerah itu juga ditunjang oleh sektor-sektor lainnya, misalnya sektor keamanan dan kenyamanan,” pungkasnya. (jm)

1 komentar:

bakanekobaka mengatakan...

Mohon maaf, kalau boleh beri saran. Mungkin ada baiknya warna tulisan diganti ke warna hitam agar lebih mudah terbaca. Atau cara lain, bisa juga warna latarnya yang diganti ke hijau yang lebih tua. Mohon maaf sebelumnya.

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks