Disiplin adalah Kunci Keberhasilan

Sebanyak 100 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalimantan Barat dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, M Akip setelah melaksanakan praktik kerja atau Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) II Madya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Para praja ini telah melaksanakan PPL di kelurahan-kelurahan dan kecamatan se Kota Pontianak. “Kunci keberhasilan dari seorang pegawai negeri sipil sebagai abdi negara dan abdi masyarakat adalah disiplin. Dan saya yakin adik-adik praja sekalian sedikit banyak telah mendapatkan pemahaman tentang disiplin itu dalam proses pembelajaran baik di kampus maupun saat melaksanakan PPL,” tutur Akip kepada para Praja yang mengikuti apel pelepasan PPL II Madya Praja IPDN Kampus Kalbar.
            Dia berharap, para praja yang baru saja selesai melaksanakan PPL di Pemkot Pontianak kedepannya bisa menerapkan ilmu yang diperolehnya selama melakukan PPL, baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat. “Saya juga berharap adik-adik praja tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam meniti karir. Raih karir yang setinggi-tingginya,” ujarnya.
            Akip menambahkan, pelaksanaan praktik lapangan ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya aparatur untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin. “Agar kedepannya lebih mampu dalam menghadapi hambatan dan tantangan menuju terwujudnya profesionalisme aparatur dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” paparnya.
            Selain itu, untuk mewujudkan profesionalisme aparatur perlu selalu ditingkatkan pembinaan aparatur pemerintah dari semua lini, baik itu dari tingkat bawahan maupun pimpinan. “Dalam pembinaan diperlukan konsekuensi-konsekuensi logis dari konsistensi seorang aparatur yang tegas, adil dan rasional dalam pelaksanaan pola-pola kepemerintahan,” ungkap Sekda.
            Akip juga mengingatkan, PNS sebagai aparatur negara harus mempunyai jiwa besar untuk dapat menerima dan memahami kritik-kritik sosial. “Jadikan suatu kritik sebagai motivasi untuk bekerja ke arah yang lebih baik lagi,” tutupnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks