Dorong UKM Inovasi Produknya

Walikota Pontianak, Sutarmidji berharap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak terus melakukan pembinaan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar bisa berinovasi dan menghasilkan produk-produk UKM yang mampu menjadi unggulan Kota Pontianak. “Pontianak ini tidak memiliki sumber daya alam (SDA), yang ada hanya sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, kita harapkan SDM ini lebih kreatif dan pintar sehingga bisa menciptakan lapangan kerja,” ujar Sutarmidji saat meresmikan Gedung Dekranasda dan PKK Kota Pontianak yang terletak di Jalan Abdurrahman Saleh Pontianak, Rabu (18/7).
            Dia juga meminta, Dekranasda harus lebih aktif lagi dengan menampilkan produk-produk UKM-nya di areal-areal tertentu pada pusat pelayanan publik untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang dimiliki Kota Pontianak. “Gerai tersebut bukan untuk memasarkan produk-produk UKM tetapi hanya untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang unggul di Kota Pontianak sehingga semua orang tahu produk apa saja yang menjadi unggulan di Dekranasda Kota Pontianak,” paparnya.
            Diakui Sutarmidji, sudah banyak terobosan-terobosan dan penghargaan yang diraih Dekranasda maupun PKK Kota Pontianak, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk itu, dia mendorong pengurus Dekranasda maupun PKK agar terus melakukan pembinaan dan peningkatan produk-produk UKM sehingga mampu bersaing di tingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional.
            Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji mengatakan, perekonomian Kota Pontianak digerakkan oleh sektor perdagangan dan jasa. Untuk itu, diperlukan peranan pelaku usaha terutama UKM diwadahi dalam mempromosikan produk-produk mereka. “Dekranas selaku lembaga nirlaba memiliki peran besar dalam memfasilitasi promosi produk-produk UKM. Salah satu bentuknya adalah dibuatnya galeri yang berfungsi mempromosikan produk UKM,” jelas Lismaryani.
            Selain untuk mempromosikan produk-produk UKM, galeri Dekranasda juga sebagai wadah bagi pengrajin UKM untuk berkumpul dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan hasil produk mereka. “Galeri ini juga berguna sebagai tempat untuk lebih mengenal hasil kerajinan UKM Kota Pontianak kepada tamu-tamu, instansi pemerintah dan masyarakat umum,” timpalnya.
            Galeri Dekranasda Kota Pontianak menampilkan berbagai produk-produk UKM unggulan yang dimilikinya, diantaranya kerajinan miniatur Tugu Khatulistiwa, kerajinan meriam karbit, kerajinan akar keladi, kain corak insang, pokok telur, hiasan tudung saji dan tutup toples, tenun kristal dan hasil-hasil kerajinan lainnya. Galeri ini dibuka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 15.00 WIB.  (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks