17 Agustus Pemkot Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diperingati dengan menggelar upacara bendera seperti biasa, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mulai menggelar upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67. “Bertepatan tanggal 17 Agustus 2012 akan dilaksanakan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67 di Lapangan Keboen Sajoek dimulai tepat pukul 09.30 WIB,” ujar Ketua Bidang I Panitia HUT RI ke 67 Pemkot Pontianak, Syarif Ismail, Rabu (15/8) saat meninjau gladi resik Upacara Detik-detik Proklamasi di Lapangan Keboen Sajoek.
            Ismail menjelaskan, ada sedikit perbedaan dengan upacara bendera yang biasanya digelar Pemkot setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI. Pada upacara detik-detik Proklamasi ini tepat pukul 10.00 WIB akan dibunyikan sirine selama satu menit. “Jadi, tepat pukul 10.00 WIB secara serentak kita membunyikan sirine selama satu menit pada upacara detik-detik Proklamasi ini,” jelasnya.
            Ada yang istimewa pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 67 tahun ini karena 67 tahun yang lalu pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan dengan hari Jumat dan bulan Ramadan sama seperti tahun ini. “Ini merupakan momentum yang patut kita syukuri karena peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 67 tahun ini bertepatan harinya dengan 67 tahun yang lalu yakni hari Jumat di bulan Ramadan,” ucap Ismail.
            Dia menjelaskan, saat ini panitia dan petugas upacara detik-detik Proklamasi sedang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk gladi resik agar pelaksanaan upacara pada hari H berjalan lancar. “Beberapa hari ini kita sudah melakukan gladi resik di lapangan Keboen Sajoek supaya pada saat pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi nanti berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.
            Dalam upacara detik-detik Proklamasi ini akan dihadiri para undangan diantaranya Muspida, DPRD Kota Pontianak, instansi pemerintahan, veteran, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, pelajar dan lainnya. “Inspektur Upacara adalah Bapak Walikota Pontianak,” tutupnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks