Telo’ Belanga’ dan Corak Insang Warnai Apel Harjad

Ada sesuatu yang berbeda pada saat apel gabungan yang rutin digelar setiap bulannya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Senin (24/10) di halaman Kantor Walikota Pontianak, seluruh pegawai Pemkot yang hadir mengenakan pakaian telo’ belanga’ dan kemeja corak insang. Pakaian adat khas melayu telo’ belanga’ dikenakan oleh seluruh pejabat eselon sedangkan staf mengenakan pakaian kemeja corak insang kebanggaan kota ini. Dikenakan pakaian khas ini sebagai momentum memperingati Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke 240. Apel dalam rangka Harjad ini juga dihadiri kerabat Keraton Kesultanan Kadriah Pontianak dan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Pontianak.
            Walikota Pontianak, Sutarmidji mengatakan di usia yang ke 240 ini Kota Pontianak diharapkan bisa terus berbenah diri untuk dapat sejajar dengan kota-kota maju lainnya. Untuk itu, sebagai aparatur yang diberi amanah untuk mengurus Kota Pontianak, Sutarmidji mengajak jajaran Pemkot untuk melaksanakan amanah itu dengan sebaik-baiknya, disiplin dan taat pada aturan. “Kenapa saya menyampaikan hal ini, karena tanpa kita disiplin, tanpa kita taat aturan, tanpa kita sungguh-sungguh dalam melaksanakan amanah, tidak mungkin kita bisa cepat berhasil dalam mengemban amanah itu,” ungkap Sutarmidji.
            Menurut dia, orang yang tidak bisa disiplin, tidak mungkin bisa mengerjakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Kemudian orang yang tidak serius, tidak mungkin dia bisa mengemban amanah itu dengan sukses. “Kalau seandainya saya agak rewel, agak cerewet dengan hal-hal seperti itu, bapak ibu harap maklum karena saya berkeinginan agar kita sebagai pengemban amanah betul-betul mengemban amanah itu dan betul-betul mengurus kota ini, betul-betul kita bangun kota ini sehingga bisa sejajar dengan kota-kota lainnya,” paparnya.
            Dia menambahkan, masih ada segelintir di jajaran pemerintahannya yang belum memahami benar apa dan kenapa dia menjadi bagian dari Pemkot Pontianak. Untuk itu, dia berharap hal ini menjadi perhatian serius dari seluruh jajaran Pemkot. “Yang kira-kira mengemban amanah setengah-setengah, tolong introspeksi diri kita apa yang sudah kita lakukan dari jam 07.15 sampai jam 15.15 sore. Berapa jam saudara sudah melaksanakan tugas, apa yang saudara kerjakan. Kalau masih kurang, tolong tingkatkan,” tuturnya.
            Dia menjelaskan, selama masa pemerintahannya, tidak ditemukan adanya kerugian negara setelah diaudit selama dua kali atau dua tahun meski sudah berjalan hampir tiga tahun masa pemerintahannya. Namun diakuinya, dalam tata kelola keuangan masih ada kelemahan-kelemahan dari sisi administrasi. “Saya minta kepada bendaharawan, para kepala SKPD, para penanggung jawab tentang kegiatan operasional keuangan agar memperhatikan hal ini sehingga saudara terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.
            Terkait pelayanan KTP elektronik (e-KTP), Sutarmidji meminta kepada seluruh camat bertekad untuk masuk sepuluh besar se Indonesia. Dia pun mengungkapkan apresiasinya kepada Kecamatan Pontianak Utara yang mampu melayani e-KTP hingga mencapai 600 lebih per hari meskipun hanya dengan dua alat yang disediakan. “Padahal targetnya satu alat itu hanya 150 orang per hari. Ini merupakan suatu terobosan yang luar biasa dari pelayanan yang kita berikan,” ungkapnya.
            Sutarmidji juga menegaskan, dalam pelayanan e-KTP tidak ada dipungut biaya apapun dalam pembuatannya. “Tidak boleh ada komersialisasi apapun hal-hal yang bersifat gratis,” tegas dia.
            Dalam kesempatan itu, Walikota menyerahkan akta kelahiran bagi anak yang lahir bertepatan dengan Harjad Kota Pontianak tanggal 23 Oktober 2011, bantuan kepada beberapa masjid-masjid yang ada di Kota Pontianak serta penghargaan bagi siswa dan guru berprestasi se Kota Pontianak. (jm)

1 komentar:

bakanekobaka mengatakan...

Semoga Pak Wali bisa membawa Kota Pontianak mencapai visinya, yakni terdepan dalam peningkatan SDM dan pelayanan publik, dan tetap berwawasan lingkungan.

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks