Ukir Prestasi Yang Membanggakan Bagi Almamater


Walikota Pontianak, Sutarmidji mengajak seluruh alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Tanjungpura (Untan) berlomba-lomba membuat prestasi yang membanggakan bagi civitas akademika. Hal ini dikatakannya saat pelepasan sarjana baru FH Untan periode III tahun akademik 2011/2012 di halaman FH Untan, Rabu (29/8).
            “Mari kita buat rasa kebanggaan dengan membuat prestasi yang membanggakan. Jadilah alumni yang membanggakan bagi almamaternya. Jangan malu menunjukkan identitas alumni kita. Kita harus bangga dengan perguruan tinggi kita sendiri,” ujar Sutarmidji yang juga merupakan salah satu alumnus FH Untan.
            Kepada 110 sarjana baru ini, Sutarmidji juga berpesan, sarjana hukum harus bisa mandiri karena banyak peluang-peluang yang bisa diraih jika mau berusaha. Sebagai salah satu alumnus, dirinya juga akan memberikan masukan-masukan untuk kemajuan FH karena dinilainya masih ada beberapa sektor yang belum dimaksimalkan.
            Sutarmidji menyatakan kebanggaannya terhadap FH karena dipimpin dan diisi oleh orang-orang muda dan berprestasi. Sebagai orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Pontianak, dirinya pun menempatkan lulusan sarjana hukum di beberapa jabatan yang membutuhkan orang yang paham persoalan hukum. “Misalnya di bagian aset yang permasalahannya cukup kompleks. Saya tempatkan sarjana hukum untuk menyelesaikan permasalahan aset. Dan Alhamdulillah, Pemkot Pontianak mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan,” ungkapnya.
            Sementara itu, Dekan FH Untan, Garuda Wiko mengatakan, sejak berdirinya fakultas ini tahun 1959 sampai dengan saat ini total jumlah alumni FH sebanyak 6.343.
            Menurutnya, dalam pengelolaan fakultas, ada beberapa hal yang dilakukan antara lain penguatan pada tata kelola dan sumber daya manusia (SDM). “Langkah yang diambil yakni dengan cara mengevaluasi terus-menerus tata pamong dan proses belajar mengajar yang dilakukan baik dari pihak internal maupun eksternal,” jelasnya.
            Pada peningkatan SDM, pihaknya juga terus berusaha meningkatkan kualifikasi dosen-dosen FH. Sampai dengan tahun 2012 ini, dosen-dosen yang berkualifikasi doktor berjumlah sembilan orang. “Masih ada 20 kandidat doktor lagi yang akan menyusul. Jika ada 20 doktor yang memperkuat Fakultas Hukum ini maka sudah memenuhi syarat untuk membuka program Strata 3 (S3),” pungkasnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks