Tahun Depan Sekolah Gratis

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berencana mewujudkan pendidikan gratis bagi sekolah negeri tahun depan. Sedangkan bagi sekolah swasta, Pemkot akan memberikan beasiswa bagi mereka yang tidak mampu. “Mudah-mudahan ini akan kita wujudkan sebagai bagian dari pemberian hak-hak anak,” ujar Walikota Pontianak, Sutarmidji usai membuka kegiatan peringatan Hari Anak Nasional yang digelar Forum Anak Daerah (FAD) Kota Pontianak, Minggu (5/8) pagi di Hotel Orchardz.
             Pemenuhan hak-hak anak tidak hanya di bidang pendidikan, Pemkot juga telah memberikan asuransi bagi 22.500 anak dan jumlah ini akan lebih diperluas lagi untuk pemenuhan hak mereka sebagai anak. “Saya berkomitmen sebagai kepala daerah semaksimal mungkin memberikan apa yang menjadi hak-hak anak,” ungkapnya.
            Kerja keras Pemkot dalam pemenuhan hak-hak anak telah mengantarkan Kota Pontianak sebagai Kota Layak Anak (KLA). Setelah tahun lalu mendapat penghargaan sebagai KLA, tahun ini kembali Kota Pontianak meraih penghargaan tersebut. “Penghargaan Kota Layak Anak tahun ini kita dapat lagi, tanggal 5 September nanti akan diserahkan dan ini penghargaan yang kedua berturut-turut kita dapatkan,” tutur Sutarmidji.
            Menurutnya, ada 31 hak-hak anak di dalam Undang-undang Perlindungan Anak dan Pemkot berupaya semaksimal mungkin mewujudkan pemenuhan hak-hak anak tersebut.
            Sementara itu, Ketua FAD Kota Pontianak, Vientiny mengatakan, FAD adalah organisasi perhimpunan anak yang menyalurkan, mengarahkan dan mengumpulkan segala bentuk aksi-aksi anak, permasalahan-permasalahan yang dihadapi anak, di bawah pengawasan Komisi Perlindungan Anak dan bekerja sama dengan pemerintah. “Setiap anak memiliki empat hak utama yakni hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi,” jelasnya.
            Dia menambahkan, FAD sebagai organisasi yang dikelola oleh anak-anak memiliki program kerja satu tahun kedepan terkait apa-apa saja yang dilakukan dalam memenuhi empat hak utama anak. “Kami meminta kepada ayahnda dan ibunda di pemerintahan memberikan dukungan segala bentuk kegiatan kami baik dalam bentuk materi maupun moril,” pintanya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks