Jalankan Tugas Sesuai dengan Mekanisme

Walikota Pontianak, Sutarmidji, Selasa (7/8) melantik Nasrun A Rahim sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Pasar. Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan dirut Bank Pasar. “Dan saya berharap direktur utama yang definitif ini bisa melaksanakan tugas pengelolaan Bank Pasar sesuai dengan mekanisme perbankan,” ujar Sutarmidji usai melantik Dirut Bank Pasar di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota.
            Sutarmidji mengingatkan kepada dirut yang baru dilantik untuk tegas dan mentaati aturan-aturan yang berlaku tanpa memandang siapapun yang mengeluarkan rekomendasi untuk hal-hal yang menyimpang. “Saya berharap direktur utama dan jajarannya bisa untuk tidak melaksanakannya, siapapun itu yang mengeluarkan rekomendasi,” tegasnya.
            Kemudian untuk pengawasan Bank Pasar, Walikota meminta untuk mematuhi sistem pengendalian internal dan mentaati standar operasional. “Sehingga operasional Bank Pasar ini betul-betul bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak menimbulkan masalah baik itu untuk diri saudara sendiri beserta jajaran maupun institusi Bank Pasar itu sendiri,” pesannya.
            Menurut Sutarmidji, lembaga seperti perbankan ini sangat memerlukan kredibilitas atau kepercayaan masyarakat. “Semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat, maka akan semakin baik operasionalnya yang mengarah pada capaian-capaian target pendapatan bank itu sendiri,” tuturnya.
            Dia juga meminta Bank Pasar sebagai Bank Perkreditan Rakyat (BPR) lebih fokus pada usaha kecil menengah (UKM). Selain itu, bunga yang tidak kompetitif dibuat agar lebih kompetitif sehingga Bank Pasar bisa bersaing dengan bank-bank konvensional lainnya. “Bank-bank lainnya bisa memberikan bunga delapan hingga sembilan persen, kenapa Bank Pasar tidak bisa lebih di bawah itu. Padahal Bank Pasar tempatnya sudah disediakan, semuanya sudah disiapkan, betul-betul mengelola uang sendiri,” paparnya.
            Bank Pasar sebagai salah satu badan usaha yang dimiliki Pemkot Pontianak sejauh ini dinilai Sutarmidji cukup baik. Bahkan keuntungan yang diraup tahun ini mencapai Rp 600 juta. “Tapi saya yakin keuntungan itu masih bisa lebih tinggi lagi kalau kita bisa menjawab keinginan pasar seperti di pasar tradisional,” ucapnya.
            Sementara itu, Dirut Bank Pasar, Nasrun A Rahim mengatakan, untuk program jangka pendek Bank Pasar akan mencari keuntungan yang lebih tinggi lagi. Sedangkan jangka menengah, Bank Pasar juga akan menyediakan mesin ATM. Untuk jangka panjang, akan dibentuk kas-kas kecil di tiap-tiap pasar. “Dan bahkan mungkin saja akan dibentuk kantor cabang. Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks