Tanjung Hulu Galang Donasi Seribu Buku

Selaras dengan visi dan misi Kota Pontianak yakni salah satunya peningkatan sumber daya manusia (SDM), Kelurahan Tanjung Hulu menggalang donasi seribu buku yang digelar di Kantor Lurah Tanjung Hulu, Kamis (31/5). Penggalangan donasi seribu buku ini merupakan program inovasi unggulan yang diusung Kelurahan Tanjung Hulu sebagai upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan SDM agar lebih baik. Aksi ini mendapat sambutan baik dari masyarakat, terbukti dari target seribu buku namun yang berhasil terkumpul hingga saat dicanangkannya sudah melampaui hingga mencapai hampir dua ribu buku.
            Asisten Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Raihan mengatakan, penggalangan donasi seribu buku ini merupakan langkah awal dalam upaya mencerdaskan masyarakat dan meningkatkan SDM yang menjadi salah satu visi dan misi Kota Pontianak. “Ini merupakan upaya yang baik dalam mendukung visi dan misi Kota Pontianak khususnya meningkatkan kemampuan SDM yang kita miliki,” ujar Raihan.
            Dia menambahkan, meskipun Kota Pontianak tidak memiliki sumber daya alam namun SDM yang dimiliki bisa menjadi potensi untuk pembangunan kota ini. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen meningkatkan SDM dengan berbagai upaya diantaranya memberikan beasiswa bagi siswa berpestasi, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, mendirikan sekolah kejuruan dan lainnya.
            Raihan mengingatkan, buku-buku yang terkumpul ini jangan hanya disimpan saja di dalam lemari tetapi manfaatkan buku-buku itu dengan membacanya untuk memperkaya ilmu yang dimiliki sehingga memberikan manfaat baik bagi yang membacanya maupun orang lain. “Mari kita ajak tetangga kita, teman, saudara dan yang lainnya untuk gemar membaca karena banyak manfaat yang diperoleh dari buku-buku yang kita baca terutama menambah pengetahuan kita lebih luas,” katanya.
            Sementara itu, Lurah Tanjung Hulu, M Saleh menuturkan, buku-buku yang terkumpul ini akan didistribusikan di wilayah Kelurahan Tanjung Hulu khususnya yang berada di pinggiran Sungai Kapuas dengan membuka perpustakaan di lingkungan rumah warga. “Selain itu kita distribusikan di posyandu, sekolah-sekolah dan puskesmas di Kelurahan Tanjung Hulu,” tuturnya.
            Dia mengajak masyarakat meningkatkan minat baca dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja dan lainnya. “Tanamkan gemar membaca sejak dini kepada anak-anak kita, jadikan membaca sebagai gaya hidup,” pungkasnya.
Dalam gerakan donasi seribu buku ini, Asisten Administrasi dan Pembangunan menyerahkan secara simbolis bantuan buku-buku bacaan kepada Lurah Tanjung Hulu. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks