Tanamkan Nasionalisme dan Patriotisme Sejak Dini

Untuk menimbulkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan anak-anak, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungan Organisasi Penyelenggaran Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Pontianak, Sabtu (12/11) menggelar lomba lagu perjuangan Tingkat TK se Kota Pontianak. Lomba ini diikuti sebanyak 38 kelompok dari seluruh TK yang ada di Kota Pontianak. “Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat menimbulkan semangat nasionalisme dan patriotisme anak sejak dini,” ujar Tita Selati Sundari M Akip, Ketua DPC GOPTKI Kota Pontianak.
            Menurut dia, anak adalah harapan masa depan dan sebagai generasi penerus masa yang akan datang. Untuk itu sebagai orang tua, pengelola maupun pendidik perlu sedini mungkin nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia. “Harapan kita, anak dapat mengerti, paham dan selalu mengenal jasa-jasa pendahulu kita,” tutur istri Sekretaris Daerah Kota Pontianak, M Akip.
            Selain itu, lanjutnya lagi, ajang lomba menyanyikan lagu-lagu perjuangan ini juga sangat bagus untuk membentuk kepribadian anak agar percaya diri dan berani tampil di depan khalayak ramai.
            Tita menjelaskan, lagu-lagu perjuangan sudah hampir ditinggalkan oleh anak-anak usia dini karena pergeseran waktu dan globalisasi teknologi yang berkembang begitu pesatnya, sehingga anak-anak cenderung memilih lagu-lagu dewasa dibandingkan dengan lagu-lagu perjuangan. “Maka dengan digelarnya lomba lagu perjuangan ini, kita selaku orang tua, pengelola maupun pendidik sudah berbuat sedini mungkin mengenalkan kepada anak-anak di Kota Pontianak dan diharapkan anak-anak Kota Pontianak mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan anak-anak kota lainnya,” tutupnya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks