Maknai Hari Pahlawan Dengan Perangi Kemiskinan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaknai Hari Pahlawan yang telah gugur di medan perang, salah satunya memerangi kemiskinan. “Kalau dulu para pahlawan berperang dengan senjata melawan penjajah, sekarang saatnya kita sebagai generasi penerus bangsa berperang melawan kemiskinan,” ujar Wakil Walikota Pontianak, Paryadi usai melakukan tabur bunga memperingati Hari Pahlawan di Pangkalan TNI AL, Kamis (10/11). Penaburan bunga ini merupakan rangkaian upacara memperingati Hari Pahlawan di lingkungan TNI AL. Sebagai inspektur upacara, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Pontianak, Kolonel Laut Arsyad Abdullah dan dihadiri jajaran Muspida.
            Menurut Paryadi, banyak yang bisa dilakukan khususnya oleh generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dan memaknai nilai-nilai juang para pahlawan dengan hal-hal yang positif. Misalnya, dengan menciptakan lapangan kerja. “Sekarang bukan jamannya lagi generasi muda berpangku tangan, generasi muda harus cerdas dan jeli memanfaatkan peluang yang ada. Ciptakan lapangan kerja dan tanamkan jiwa entrepreneur, buat kreasi dan inovasi dalam dunia usaha,” katanya.
            Dia berharap, generasi muda tidak selalu berpikir untuk menjadi karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil tetapi hendaknya menciptakan peluang usaha atau berwirausaha sehingga bisa memperoleh penghasilan dari usaha yang digeluti. “Ajak teman-teman di sekitar lingkungan untuk bersama-sama menciptakan peluang usaha. Dengan demikian paling tidak sudah membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran,” tutur Paryadi.
            Dia menambahkan, saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan industri kreatif bidang pariwisata. Ini merupakan peluang besar bagi generasi muda untuk  berkreasi dan berinovasi dalam industri kreatif kaitannya dengan pariwisata. “Industri kreatif ini seperti souvenir maupun kerajinan-kerajinan tradisional yang sudah diinovasi. Ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat khususnya home industry,” paparnya.
            Selain itu, Paryadi juga mengingatkan kepada generasi muda untuk menghindari hal-hal yang negatif seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan lainnya yang bisa merugikan generasi itu sendiri dan bangsa ini. “Hindari penyalahgunaan narkoba karena itu hanya akan menghancurkan diri kita dan keluarga. Mari kita isi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan kita dengan hal-hal yang positif agar bangsa ini bisa lebih maju,” tutupnya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks