Gang Rhamadan Siapkan Enam Meriam Karbit Raksasa

Seperti sudah menjadi tradisi dan budaya setiap tahunnya meriam karbit raksasa kembali akan meramaikan perayaan malam Lebaran atau hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah. Seperti halnya yang dilakukan remaja Gang Rhamadan di Jalan Imam Bonjol Pontianak Kelurahan Bansir Laut, tahun ini menyediakan 6 buah meriam karbit raksasa yang siap menggetarkan malam lebaran di tepian Sungai Kapuas Kota Pontianak.
Menurut Ketua Panitia Meriam Karbit  Gang Rhamadan, Agus Alatas menjelaskan, sejauh ini seluruh panitia tengah mempersiapkan pembuatan meriam. “Dimana ada empat meriam tahun lalu yang masih layak untuk digunakan sementara dua meriam lagi saat ini masih dalam tahap proses pembuatan,” ujarnya.
 Agus menjelaskan, proses pembuatan meriam raksasa ini terbilang cukup rumit karena kayu berbentuk balok berbahan mabang, bengkirai  atau pohon asam akan dibelah untuk dibuang isinya.  “Kemudian kayu yang telah di belah akan diikat menggunakan tali rotan dan disikat hingga menjadi bersih untuk finishing terakhir dicat dengan warna yang menarik,” tambahnya.
Agus juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya untuk bersama-sama merayakan malam lebaran dengan menghadiri tradisi meriam karbit raksasa ini karena di tahun ini pihaknya akan mengemas sedikit berbeda pada acara tersebut. “Rencananya akan dimeriahkan dengan pembagian doorprize dan hiburan-hiburan menarik lain serta yang utama tentunya pengunjung diperbolehkan untuk membunyikan meriam karbit raksasa,” tukas Agus.
Dia pun berharap dengan adanya meriam karbit ini akan mempererat tali silahturahmi antara remaja dengan warga Gang Rhamadan khususnya dan seluruh masyarakat Kota Pontianak pada umumnya. Selain itu, dirinya juga meminta kepada semua pihak untuk memberikan dukungan agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks