Maknai Kemerdekaan Dengan Rasa Tanggung Jawab

Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 66

            Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 66 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, diperingati dengan menggelar upacara bendera di lapangan Keboen Sajoek Pontianak, Rabu (17/8). Upacara selain dihadiri pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot, veteran, pelajar, mahasiswa dan ormas, juga dihadiri seluruh jajaran pejabat Pemkot, DPRD Kota Pontianak, Muspida dan undangan lainnya. Upacara berjalan penuh khidmat. Walikota Pontianak, Sutarmidji, bertindak selaku pembina upacara.
            Menurut Sutarmidji, peringatan HUT RI ke 66 ini perlu dimaknai dengan memiliki rasa tanggung jawab terhadap amanah yang sudah diembankan dalam mengisi kemerdekaan. “Yaitu dengan membawa masyarakat lebih sejahtera,” ujar Sutarmidji.
            Dia berharap warga Kota Pontianak semakin hari kehidupannya lebih sejahtera dan masyarakatnya hidup damai dan tentram. “Itu harapan kita dalam merenungi 66 tahun kemerdekaan ini,” katanya.
            Terkait pidato kenegaraan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka HUT RI Ke-66 yang meminta kepala-kepala daerah agar menghemat anggaran, Sutarmidji dengan tegas mengatakan pihaknya sudah lebih dulu melakukan penghematan anggaran dengan merubah anggaran belanja langsung dengan tidak langsung. “Makanya sekarang kan sudah berubah, anggaran belanja langsung dengan tidak langsung sekarang sudah lebih banyak anggaran belanja tidak langsung,” tukasnya.
            Midji menilai, Pemkot sudah sangat baik dalam penggunaan anggaran jika tidak ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sertifikasi guru. “Sebenarnya kalau tidak ada BOS dan sertifikasi guru, kita itu sudah sangat baik antara 45 hingga 55 persen. Idealnya 40 – 60. Namun kita selalu berupaya memperbaiki ini,” ungkapnya.
            Dia menambahkan, Pemkot sudah melakukan seperti apa yang diarahkan Presiden RI dalam pidatonya, termasuk penghematan anggaran, fokus pada penanganan masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.
            Selain upacara penaikkan bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke 66 ini, juga dilakukan upacara penurunan bendera pada sore harinya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks