Jangan Remehkan Disposisi Mewakili


Walikota Pontianak, Sutarmidji, merasa prihatin karena ada pejabat di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang mengabaikan disposisi untuk mewakili dirinya menghadiri undangan maupun rapat. “Ini baru satu hal kecil tapi jangan dianggap enteng karena dari situlah bisa membuat koordinasi jadi tidak baik,” ujar Sutarmidji pada acara penandatanganan penetapan kinerja pemerintah kota dan SKPD di lingkungan Pemkot Pontianak, Selasa (29/3) di aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota Pontianak.
            Dia mengungkapkan, dalam menilai hasil kerja seseorang, dirinya tidak hanya menilai berdasarkan laporan-laporan saja akan tetapi penilaian yang dilakukannya secara komprehensif.
            Sutarmidji mengakui, dirinya pernah didatangi oleh salah satu pejabat di jajaran pemerintahannya untuk menanyakan kenapa dia berkesimpulan bahwa pejabat yang bersangkutan tidak berada di tempat khususnya pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu dan siapa yang telah memberitahukan kepada dia bahwa pejabat tersebut tidak berada di tempat pada hari-hari tersebut. “Saya bilang, tidak ada yang melapor. Kalau anda tidak percaya, tanya ajudan saya. Dalam catatan saya, delapan kali saya minta Bapak mewakili saya tapi yang Bapak lakukan cuma dua kali, yang enam Bapak wakilkan lagi kepada orang lain,” ungkapnya.
            Dia menambahkan, dirinya selalu mengecek siapa yang hadir, apakah yang hadir pejabat yang diminta untuk mewakilinya atau diwakilkan lagi kepada orang lain. “Dan ternyata orang lain yang hadir. Saya cek lagi siapa yang hadir, kebetulan kegiatan itu Jum’at, Sabtu dan Minggu. Kesimpulan saya, Jum’at, Sabtu, Minggu Bapak tidak ada di tempat sehingga saya tidak mau lagi mendisposisikan Bapak untuk mewakili saya ketika Jum’at, Sabtu, Minggu. Kan rasional saya berpikir seperti itu, jadi tidak ada yang melapor,” tegas dia.
            Sutarmidji menegaskan, yang boleh mendisposisikan kembali untuk mewakilkan kepada siapapun hanya Walikota dan Wakil Walikota. “Artinya kalau Pak Wakil saya minta mewakili namun beliau tidak sempat, beliau boleh mendisposisikan ke orang lain. Tapi kalau pada tataran Asisten, tataran Sekda, kembalikan lagi kepada yang memberi disposisi. Jangan saudara pandai-pandai mendisposisi kepada siapapun,” ucapnya mengingatkan kepada jajarannya. (12)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks