Penghijauan Berikan Manfaat Bagi Kehidupan


Penanaman Pohon Bersama

            Penghijauan di perkotaan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.  Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pontianak bekerja sama dengan Bank Kalbar, PT (Persero) Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Sabtu (9/4) pagi, menggelar penanaman pohon bersama di Jalan Gajah Mada. Penanaman pohon untuk penghijauan ini dilakukan oleh Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, Wakapolda Kalbar, Kombes Polisi Syafarudin, serta dari PHRI, Bank Kalbar dan PTPN XIII. Lokasi penanaman pohon dilakukan di median Jalan Gajah Mada, Tanjungpura dan Jalan Ahmad Yani.
            Menurut Paryadi, penanaman pohon ini dilakukan karena kawasan Jalan Gajah Mada  dan Jalan Tanjungpura sangat gersang dan tidak ada penghijauan. “Kita ingin mengubah itu dan mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam melakukan penghijauan di kawasan tersebut,” ujar Paryadi.
            Untuk menggugah partisipasi masyarakat, Pemkot mengundang masyarakat di kawasan itu untuk ikut dalam kegiatan penanaman pohon bersama ini. Paryadi berharap, penanaman pohon ini tidak hanya pada saat momentum ini saja, akan tetapi masyarakat diharapkan melakukannya atas inisiatif sendiri. “Nantinya kita akan surati pemilik-pemilik toko di kawasan Jalan Gajah Mada untuk menjaga dan melakukan penanaman pohon atau penghijauan di kawasan itu,” tuturnya.
            Dia menambahkan, dengan adanya penghijauan, diharapkan bisa memberikan manfaat lingkungan sebesar-besarnya kepada penduduk kota dalam kegunaan proteksi, estetika serta rekreasi khusus lainnya.
            Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Utin Sri Lena menuturkan, kegiatan penghijauan ini dalam rangka menunjang atau mendukung program nasional di mana Kota Pontianak ini sebagai paru-parunya Kalimantan Barat. “Jadi kita akan lakukan penghijauan di Kota Pontianak ini dan akan kita tata secantik mungkin sehingga taman ini juga sebagai bagian Ruang Terbuka Hijau,” jelasnya.
            Selain itu, lanjut dia, manfaat penghijauan ini bagi masyarakat yakni sebagai penghasil oksigen sehingga dengan meningkatkan penghijauan di perkotaan berarti dapat mengurangi CO2 atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca atau gangguan iklim.  “Satu pohon dewasa saja bisa menghasilkan oksigen bagi dua orang dewasa,” terang dia.
            Utin mengungkapkan, taman yang ada di kawasan Jalan Ahmad Yani akan direvisi sehingga taman itu lebih indah dan enak dipandang mata. “Kita juga akan menjadikan Jalan Tanjungpura dan Gajah Mada sebagai kawasan yang tanaman pohon-pohonnya tumbuh dengan subur namun tidak menimbulkan kerawanan bagi masyarakat, tetapi justru memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.
            Dia pun berharap penghijauan ini tidak sekedar seremonial saja tetapi pohon-pohon yang telah ditanam pada hari ini tetap terus dipelihara dan dijaga. Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menjaga dan memelihara pohon-pohon yang telah ditanam.
            Adapun partisipasi yang diberikan oleh Bank Kalbar, PTPN XIII dan PHRI bantuan berupa bibit tanaman dengan berbagai jenis seperti pohon pucuk merah, angsana dan lainnya dengan jumlah keseluruhan kurang lebih 700 tanaman. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks