Toilet Bersih Bantu Tingkatkan Pariwisata

Toilet adalah salah satu fasilitas umum yang dibutuhkan dalam bisnis pariwisata tanpa batasan. Sebagai fasilitas umum, sudah pasti toilet banyak digunakan orang apalagi toilet yang letaknya di suatu kawasan taman rekreasi buatan. “Setiap orang membutuhkan toilet yang sesuai dan bersih. Toilet menjadi salah satu infrastruktur pariwisata,” ujar Ennie S dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) pada kegiatan sosialisasi toilet umum taman rekreasi buatan, Senin (18/6) di Hotel Mahkota. Kegiatan sosialisasi yang bertujuan memotivasi pengusaha penyedia taman rekreasi agar memiliki toilet yang bersih dan nyaman ini digelar bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Peserta yang hadir dari kalangan pengusaha taman rekreasi serta dari unsur pemerintah daerah. Selain kegiatan sosialisasi, juga akan dilakukan penilaian toilet bersih yang dimiliki taman rekreasi buatan untuk mendapatkan penghargaan Sapta Pesona.
            Ennie menambahkan, toilet umum adalah salah satu fasilitas penting untuk meningkatkan pariwisata karena kesan pertama yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung adalah kebersihan toilet. “Jika toilet kotor dan jorok, tentunya ini akan menimbulkan kesan yang tidak baik bagi mereka yang bewisata ke taman rekreasi,” katanya.
            Kebutuhan orang terhadap toilet meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Apalagi dalam suatu taman rekreasi buatan, orang yang berkunjung ke sana pasti akan membutuhkan toilet baik untuk buang air kecil ataupun air besar. “Toilet yang baik adalah toilet yang pencahayaannya yang cukup, nyaman, luas, menarik, rencana lantai yang baik, atmosfer yang menyenangkan dan mudah diakses,” paparnya.
            Ennie menegaskan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan penjurian dalam penilaian toilet bersih taman rekreasi buatan ini bukan untuk menjudge atau menghakimi agar setiap pelaku usaha taman rekreasi buatan memiliki toilet sesuai standarisasi. “Kita ingin memotivasi mereka agar memiliki kesadaran bahwa toilet yang bersih dan sesuai merupakan salah satu faktor meningkatkan pariwisata,” ungkapnya.
            Senada dengan Ennie, Yuyanti dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan pihaknya melakukan penilaian terhadap empat obyek wisata yang ada di Kalimantan Barat yakni Taman Fantasia, Tugu Khatulistiwa, Bukit Bougenville dan Wahana Nusantara. “Tujuannya penjurian atau penilaian ini adalah dalam rangka penilaian sapta pesona,” terangnya.
            Yuyanti mengungkapkan, toilet merupakan garda terdepan dalam sektor pariwisata karena toilet yang terjaga kebersihannya merupakan cerminan tempat rekreasi atau tujuan wisata yang dikunjungi menarik. “Kalau toiletnya kotor, jorok dan bau, sudah pasti wisatawan yang berkunjung tidak mau lagi datang ke sana,” tukasnya. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks