Tingkatkan Koordinasi Tanggulangi Kemiskinan

Kegiatan yang sudah dilakukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) dinilai Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, masih minim. Pasalnya, kegiatan terakhir TKPK baru sampai pada Analisis Kemiskinan Tingkat Kota. “Oleh karena itu masih banyak hal yang harus dilakukan tim ini, misalnya pengkoordinasian, pemantauan, supervisi dan tindak lanjut terhadap capaian tujuan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan agar sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah,” ujar Paryadi pada Lokakarya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan dengan tema “Review Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan”, Rabu (4/4) di Aula Rohana Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak.
            Selain itu, lanjut Paryadi, pengkoordinasian evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan serta penyusunan Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SKPD) juga perlu dilakukan. “Fasilitasi SKPD dijadikan acuan penanggulangan kemiskinan tingkat kota,” katanya.
            Dia juga meminta, TKPK berupaya mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan kesenjangan antara harapan yang ingin diwujudkan dengan kenyataannya. “Diperlukan adanya tim teknis dan stakeholder yang telah ditetapkan dikuatkan kembali agar dapat menjalankan fungsinya masing-masing,” tuturnya.
            Wakil Walikota berharap, PNPM Mandiri Perkotaan mampu membangun sinergi sampai ke tingkat masyarakat di mana PNPM Mandiri Perkotaan dilaksanakan. Untuk itu dibutuhkan kepedulian dan kapasitas pemahaman yang utuh, kemampuan berkoordinasi dan bekerja sama agar program-program penanggulangan kemiskinan dapat berjalan seiring dan saling menguatkan. “Disinilah kiranya poin penting pelaksanaan kegiatan lokakarya yang kita lakukan hari ini,” tegasnya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks