Libur Akhir Pekan Dengan Bersepeda Bareng

Banyak cara mengisi liburan akhir pekan. Tak hanya sekedar berjalan-jalan atau bertamasya, olahraga pun bisa menjadi salah satu alternatif mengisi liburan setelah bekerja selama sepekan. Seperti yang dilakukan Komunitas Pegawai Naik Sepeda (PNS), komunitas yang terbentuk dari kumpulan pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang hobi bersepeda ini rutin berkumpul setiap akhir pekan, hari Sabtu maupun Minggu pagi di depan Kantor Walikota Pontianak atau zona Car Free Day Jalan Ahmad Yani. Sehari sebelumnya, anggota komunitas PNS diberitahukan melalui short message service (sms) untuk berkumpul keesokan harinya bersepeda bareng menyusuri Kota Pontianak hingga ke wilayah kabupaten sekitar. Dengan mengenakan kaos polo berwarna merah dan bertuliskan “PNS, Pegawai Naik Sepeda, Korpri Maju Terus” seolah memberikan semangat kepada anggota komunitas untuk giat berolahraga sepeda.
            Ketua Komunitas PNS, Dede Aries Darmawan mengatakan setiap akhir pekan dirinya bersama anggota komunitas rutin menggelar bersepeda bareng baik itu hari Sabtu maupun Minggu. “Kita rutin bersepeda bareng selain untuk mengisi liburan akhir pekan juga sebagai ajang silaturrahmi antar sesama anggota Komunitas PNS,” ujar Dede usai bersepeda bareng menyusuri jalanan Kota Pontianak hingga ke Bandara Supadio, Sabtu (8/10) pagi.
            Dede menambahkan, kegiatan bersepeda bareng ini sebagai langkah awal dalam mengkampanyekan bersepeda di kalangan pegawai maupun masyarakat luas. “Dengan bersepeda, paling tidak kita ikut peduli terhadap lingkungan karena mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang  menimbulkan polusi udara,” ungkap pria yang murah senyum ini.
            Menurut dia, Komunitas PNS ini juga merupakan wadah untuk menjalin kebersamaan dan kekompakan antar sesama pegawai. “Banyak manfaat yang kita dapat dengan kegiatan ini misalnya kita bisa saling mengenal satu sama lain, saling sharing baik dalam hal hobi maupun pekerjaan. Dan yang pasti badan kita sehat, lingkungan pun bersih dari polusi udara,” jelas Dede yang juga menduduki jabatan salah satu kasubbag di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Pontianak ini.
            Dia berharap, Komunitas PNS ini bisa terus aktif menggelar kegiatan ini secara rutin dan anggotanya semakin hari diharapkan semakin bertambah. “Kita membuka selebar-lebarnya bagi siapa saja, khususnya pegawai tidak hanya di Pemkot tetapi instansi lain yang ingin bergabung, silakan mendaftarkan diri di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak sebagai koordinator ,” jelasnya.
            Senada dengan Dede, salah seorang anggota Komunitas PNS yang aktif mengikuti kegiatan ini, Peby menuturkan sebelum tergabung dalam komunitas ini dirinya rutin bersepeda setiap akhir pekan. “Sebelumnya saya bersepeda sendirian, kalau pun di jalan bertemu dengan rekan yang dikenal baru kami bersepeda beriringan. Tapi sejak terbentuknya komunitas PNS, saya merasa senang karena bisa bersepeda bareng dengan teman-teman kantor,” tutur Peby.
            Demikian juga Salelah, anggota Komunitas PNS yang gemar bersepeda ini mengungkapkan rasa senangnya karena memiliki wadah untuk bisa saling berbagi baik mengenai hobi bersepeda atau hanya sekedar bercengkrama. “Kalau biasanya pada hari kerja kita bertemu hanya bertegur sapa dikarenakan kesibukan kerja tapi dengan berkumpul di komunitas ini kita bisa lebih akrab dan saling mengenal satu sama lainnya,” pungkas pria yang berdomisili di Sungai Raya Dalam ini. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks