Jangan Takut Diperiksa

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Akip minta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak agar tidak merasa takut jika sewaktu-waktu di audit atau diperiksa, baik oleh inspektorat, BPK, BPKP, maupun auditor lainnya. "Kenapa mesti takut diperiksa kalau memang tidak melakukan kesalahan. Makanya jangan melakukan kesalahan atau penyimpangan," ujar Akip saat memberikan arahan dihadapan pegawai Pemkot pada Apel Pagi, Rabu (5/10).
Menurut dia, selama ini ada perasaan takut dari masing-masing SKPD jika diaudit oleh salah satu badan pemeriksa baik itu dalam hal laporan keuangan maupun administrasi. Ketakutan seperti itu tidak perlu ada jika apa yang telah dikerjakan sudah sesuai dengan aturan. 
Dia pun mengingatkan agar setiap SKPD tidak hanya menerima begitu saja hasil laporan pemeriksaan, tetapi diskusikan dengan auditor apa-apa saja yang menjadi temuan sehingga bisa segera dikoreksi.
Diakuinya, dirinya pernah menerima laporan hasil pemeriksaan dalam bentuk buku yang sangat tebal. Namun dalam acara serah terima, dia tidak hanya menerima hasil pemeriksaan begitu saja tetapi juga berdiskusi dengan auditor terkait hasil pemeriksaan yang diterimanya. "Nah, ketika saya berdiskusi ternyata mereka juga keliru karena ada temuan yang seharusnya bukan merupakan kesalahan Pemkot tetapi dilimpahkan ke kita," katanya.
Untuk itu, Akip meminta seluruh jajaran SKPD Pemkot Pontianak agar lebih teliti dan tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan yang bisa mengganggu kinerja SKPD. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks