Titik Berat Peningkatan SDM

Musrenbang Kota Pontianak

            Didasari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Pontianak Tahun 2012, Senin (28/3) di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota Pontianak.
            Musrenbang ini dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Kalbar, mewakili Gubernur Kalbar, unsur Muspida, DPRD Kota Pontianak, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Pontianak, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, stakeholder dan para undangan lainnya.
            Walikota Pontianak, Sutarmidji berharap musrenbang ini akan menghasilkan perencanaan yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahapan pembangunan jangka menengah kedua ini menitikberatkan upaya pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan publik. “Yang di Kota Pontianak kita jabarkan malalui tujuh misi,” ungkapnya.
            Salah satu misi tersebut adalah meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat, berbudaya dan harmonis serta mengurangi pengangguran. “Dalam musrenbang kali ini saya berharap perencanaan semakin matang dan dinas terkait saya lebih berharap supaya lebih banyak menyerap langsung aspirasi yang ada di tengah masyarakat kita serta melihat kondisi riil di lapangan, bukan karena teori-teori dan target-target di atas kertas,” harapnya.
            Dia mengungkapkan, koordinasi dengan pemerintah provinsi yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik tetap perlu ditingkatkan karena beberapa infrastruktur terutama jalan tetap bersinggungan dengan provinsi. “Sehingga koordinasi itu sudah sejak awal harus dilakukan,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang, Oon Akbar mengatakan, peraturan perundang-undangan tersebut mengamanatkan pada pemerintah daerah untuk melaksanakan Musrenbang. “Fungsi dari forum musrenbang ini adalah sebagai forum rembuk antar pelaku pembangunan dengan pemangku kebijakan pembangunan, dengan harapan dan tujuan untuk mendapatkan suatu rencana pembangunan yang lebih terarah, tepat sasaran, terukur dan lebih realistis,” ujar Oon.
            Melalui Musrenbang ini, juga diharapkan antar sektor, antar wilayah maupun antar jenjang pemerintahan dapat saling bersinergi. “Selanjutnya, hasil musrenbang ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk program dan kegiatan yang tercerrmin dalam rencana kerja anggaran dalam setiap SKPD,” katanya. (12)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks