Sosialisasikan Pemilukada Lewat Lomba Tulis Status FB

Sosialisasi tidak lagi hanya dilakukan melalui pemaparan materi dalam suatu tempat atau ruangan, lewat dunia maya maupun jejaring sosial pun dinilai efektif dan efisien untuk menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat. Tak terkecuali sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kalimantan Barat 2012 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak dengan menggelar Lomba Status Facebook dalam rangka mensosialisasikan Pemilukada Kalbar.
            Ketua KPU Kota Pontianak, Viryan Aziz mengatakan, sosialisasi pemilukada berbasis media sosial di dunia maya merupakan salah satu sarana alternatif karena melihat tingginya level komunikasi pengguna sosial media seperti facebook. “Apalagi pengguna sosial media dominan terdiri dari pemilih pemula yang akrab dengan teknologi komunikasi,” ujar Viryan usai membuka sosialisasi Pemilukada Kalbar, Selasa (26/6) di Hotel Grand Mahkota.
            Peserta lomba menulis status facebook ini adalah penduduk Kota Pontianak yang telah memasuki usia pemilih dan telah terdaftar sebagai pemilih. Adapun tema status facebook antara lain berisikan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 20 September 2012 mendatang, mengingatkan masyarakat untuk aktif mendaftarkan diri bila belum terdaftar atau rumahnya belum ditempel stiker, mengajak masyarakat menolak money politics, edukatif pemilukada yang berkualitas dan menolak untuk tidak memilih (golput). “Tema status facebook tidak boleh mengandung hal-hal seperti mengkampanyekan pasangan calon tertentu, mengandung unsur SARA, menghina seseorang atau kelompok tertentu atau hal-hal lain yang dipandang tidak positif,” ungkapnya.
            Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu status facebook sosialisasi Pemilukada Kalbar. Bentuk status facebook dapat berupa ajakan, cerita, pantun atau hal lainnya dengan bahasa populer. “Penulisan status dilakukan di kolom status facebook setiap peserta berisi seputar tema lomba dan diakhiri status menuliskan identitas singkat peserta (nama lengkap dan NIK) serta men-tag @kpu kota pontianak,” tutur Viryan.
            Total hadiah yang disiapkan panitia lomba berupa uang tunai sebesar Rp 3 juta untuk tiga orang pemenang. Bagi peserta yang membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa datang langsung ke Kantor KPU Kota Pontianak, Jalan Johar Nomor 1 A atau via email kpukotapontianak@gmail.com.
Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Pontianak, Ade Halida Yafilus mengungkapkan, kegiatan sosialisasi melalui media sosial ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya pemilih pemula yang lebih akrab dengan teknologi informasi (IT). “Dengan sosialisasi Pemilukada Kalbar melalui media sosial ini diharapkan masyarakat Kota Pontianak menggunakan hak pilihnya pada tanggal 20 September mendatang,” tutupnya. (jim)
               

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks