Walikota Mahir Pasang Bedong

Kehidupan rumah tangga dalam sebuah keluarga tak terlepas dari memasak dan merawat bayi. Untuk menguji kemampuan seorang ibu rumah tangga dalam memasak dan menguji sejauh mana kepedulian seorang bapak terhadap anaknya, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kamis (20/10) menggelar lomba memasak ikan dan lomba memasang bedong bayi di halaman Kantor Walikota Pontianak. Lomba ini digelar bertepatan dengan momentum Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke 240.
            “Jadi kita mau menguji istri itu pandai masak atau tidak, kemudian kita juga menguji suami itu peduli tidak terhadap anaknya. Di sini bisa dibuktikan langsung,” ujar Walikota Pontianak, Sutarmidji.
            Dia mengungkapkan, melalui lomba ini bisa diketahui apakah seorang suami terbiasa mengurus anaknya, termasuk memandikan dan memasang bedong. Sedangkan lomba memasak ini digelar selain bertujuan untuk menilai kemampuan istri dalam memasak menu makanan favorit suami, khususnya berbahan dasar ikan, juga untuk menciptakan keharmonisan dalam sebuah keluarga.
            Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji mengatakan, kegiatan lomba memasak ikan favorit suami dan lomba memasang bedong ini sebagai salah satu fungsi TP PKK yang tertuang dalam kelompok-kelompok kerja dan diselaraskan dengan peringatan Harjad Kota Pontianak ke 240. “Melalui lomba ini, TP PKK berupaya menggali potensi dari para istri dalam memaksimalkan kemampuannya untuk menyenangkan hati suami termasuk dalam hal masakan yang disenanginya,” kata Lismaryani.
            Selain itu, melalui lomba memasak ikan ini pihaknya berupaya meningkatkan konsumsi ikan karena ikan merupakan sumber protein hewani yang baik dengan resiko yang sangat kecil bagi yang mengkonsumsinya. “Sehingga sangat baik untuk pemenuhan gizi dan kesehatan keluarga,” tuturnya.
            Lomba ini diikuti oleh para istri pejabat maupun pegawai di lingkungan Pemkot Pontianak. Berbagai kreasi ikan yang dimasak oleh masing-masing peserta dengan tampilan yang mengundang perhatian orang untuk mencicipinya.
            Tak ketinggalan para suami juga ikut serta dalam lomba memasang bedong bayi. Berbagai cara dilakukan oleh para suami memasang bedong yang diperagakan dengan menggunakan boneka. Ada yang terampil namun ada juga yang kewalahan dikarenakan tidak terbiasa memasang bedong sehingga mengundang tawa banyak orang yang menyaksikan lomba itu. Tetapi bagi Walikota, Sutarmidji yang sudah terbiasa mengurus anak-anaknya, hanya dengan hitungan beberapa menit saja sudah selesai memasang bedong bayi dengan baik.
            Hasilnya, dari penilaian dewan juri, juara pertama untuk lomba memasak diraih oleh TP PKK Kota Pontianak dengan masakan ikan hiu. Sedangkan Walikota Pontianak berhasil merebut juara pertama lomba memasang bedong bayi. Para pemenang membawa pulang hadiah yang telah disediakan oleh panitia. (jm)
           

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks