Pelayanan e-KTP Hingga Jam 24.00 WIB

Walikota Uji Coba Peralatan e-KTP


            Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah mempersiapkan pelaksanaan KTP elektronik (e-KTP) dengan melakukan uji coba peralatan yang akan digunakan untuk proses pembuatan e-KTP. Peralatan yang terdiri dari scan iris mata, alat rekam sidik jari dan tanda tangan serta kamera, semuanya terintigrasi dan diproses dengan komputer. Uji coba peralatan yang baru datang satu unit ini langsung dilakukan Walikota Pontianak, Sutarmidji. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan guna pemrosesan e-KTP ini, mulai dari pengambilan foto, tanda tangan, rekam sidik jari dan rekam iris mata.
            “Pelaksanaan e-KTP rencananya dimulai tanggal 19 Agustus ini karena alatnya akan datang lengkap paling lambat tanggal 15 Agustus ini,” ujar Sutarmidji usai melakukan uji coba peralatan e-KTP, Kamis (4/8) di Gedung Terpadu, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.
            Namun, tambah dia, tanggal 15 Agustus hingga 5 September, alat yang datang belum keseluruhannya. Untuk tahap awal, alat yang datang baru sebanyak 12 unit dari yang seharusnya 34 unit. “Nah, paling lama tanggal 5 September itu sudah ada 34 unit alat sehingga sebelum tanggal 5 September tiap kecamatan itu satu hari hanya bisa melayani antara 300 hingga 400 orang,” katanya.
            Dia menargetkan tiap satu kecamatan bisa melayani hingga 1500 orang per hari jika semua peralatan sudah datang. “Targetnya e-KTP ini harus selesai bulan Desember ini,” tuturnya.
            Walikota juga memastikan Pemkot sudah mempersiapkan segalanya terkait pelayanan e-KTP baik itu tenaga petugas, listrik, penyekatan ruangan dan lainnya. “Hanya tinggal alatnya saja yang belum datang semuanya. Baru satu unit yang datang untuk dilakukan uji coba,” jelasnya.
            Untuk mencapai target, Pemkot akan membuka waktu pelayanan e-KTP ini hingga pukul 24.00 WIB sehingga bagi warga yang tidak bisa hadir pada jam-jam sibuk seperti pagi dan siang, bisa datang pada malam hari. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks