Wacanakan Konsep Kampung Hijau

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan melestarikan fungsi lingkungan, Wakil Walikota Pontianak, Paryadi mewacanakan konsep Kampung Hijau di Kota Pontianak. Hal ini diungkapkannya pada acara penanaman satu milyar pohon yang bertema Let’s Go Green Save Our Planet yang digelar oleh Hotel Aston bekerja sama dengan Bank Panin, Kodim 1207 dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Sabtu (3/3) pagi di Jalan Prof M Yamin Pontianak.
            Menurut Paryadi, Kampung Hijau merupakan program pembangunan bidang lingkungan hidup yang dapat menciptakan lingkungan hijau yang sehat dengan membudayakan hidup bersih dan sehat. “Kampung Hijau ini bertujuan agar masyarakat cinta dan nyaman tinggal di lingkungannya sendiri,” ujar Paryadi.
            Dia menambahkan, keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan sangat penting agar tercipta konsep Kampung Hijau ini. “Jadi, pemerintah yang menyediakan bibitnya, masyarakat yang menanam, memelihara dan menjaganya,” tuturnya.
            Untuk mewujudkan konsep kampung hijau di Kota Pontianak, menurutnya masih banyak pemukiman-pemukiman yang bisa diterapkan kampung hijau. “Ini perlu kita pikirkan bersama sehingga pemukiman masih bisa kita petakan untuk penghijauannya,” ungkapnya.
            Penanaman satu milyar pohon yang dilakukan oleh semua pihak secara konseptual cukup baik, namun Paryadi berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar membagikan bibit hingga satu milyar saja tetapi bagaimana tumbuh kembangnya pohon yang ditanam itu.
            Pemkot, lanjut Paryadi, sangat mengapresiasi keterlibatan pihak stakeholder, baik itu dari masyarakat maupun perusahaan dalam ikut serta peduli dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon. “Dan yang tidak kalah pentingnya, perusahaan juga turut serta menjaga lingkungan di sekitar perusahaannya serta mendorong masyarakat maupun konsumennya untuk terlibat secara aktif dalam upaya-upaya kita penanaman pohon-pohon atau pun penghijauan dalam rangka mengantisipasi global warming,” paparnya.
            Senada dengan Wakil Walikota, Komandan Kodim 1207/Pontianak, Letkol Inf Drajad Brima Yoga mengatakan, penanaman satu milyar pohon ini yang terpenting bukan berapa banyak pohon yang ditanam, tetapi berapa banyak pohon yang bisa tumbuh. Untuk itu, dia meminta agar masyarakat juga turut serta menjaga dan memelihara pohon-pohon yang sudah ditanam ini. “Menanam pohon itu merupakan kegiatan yang menyenangkan,” pungkasnya.
            Dalam kegiatan penanaman satu milyar pohon ini, diserahkan secara simbolis pohon-pohon untuk ditanami secara bersama. Jenis pohon dan bibit yang dibagikan adalah pohon trembesi. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks