KB Perusahaan Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Pelayanan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) tidak hanya dilakukan dalam lingkungan masyarakat saja, namun bagi pekerja dan karyawan perusahaan juga perlu mendapatkan layanan kesehatan dan KB di lingkungan sekitar tempat kerja. Untuk itu, pemerintah mendorong kepada pihak perusahaan swasta agar bisa memberikan jaminan kesehatan dan pelayanan KB untuk seluruh karyawannya di lingkungan sekitar tempat kerja. “Tujuan KB Perusahaan ini adalah mendorong para karyawan mendapatkan secara aktif pelayanan kesehatan khususnya pelayanan KB yang berkualitas dalam waktu singkat tanpa meninggalkan tempat kerja,” ujar Kepala Badan Pemberdayaaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan KB Kota Pontianak, Dharmanelly pada acara launching KB Perusahaan, Kamis (29/3) di Hotel Aston Pontianak.
            Dia menambahkan, manfaat yang diperoleh dari KB Perusahaan ini, bagi pemerintah yakni dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan bagi karyawan akan mendapatkan pelayanan yang lebih mudah karena tempat pelayanan dekat dengan tempat kerja. “Kemudian bagi perusahaan yang melaksanakan KB Perusahaan akan memperoleh keuntungan berupa peningkatan produktivitas karena karyawan lebih fokus dalam bekerja serta menghemat biaya terkait masalah kesehatan karyawan dan keluarganya,” ungkapnya.
            Dalam pelaksanaan program KB Perusahaan ini, lanjut Dharmanelly, pihaknya menjalin kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Indonesia (Apindo)  karena Apindo merupakan anggota yang memiliki jejaring sangat luas dan kuat. “Kerja sama ini merupakan suatu bentuk kepedulian sektor swasta terhadap pembangunan terutama di bidang kesehatan khususnya program KB di Kota Pontianak,” tuturnya.
            Ketua Apindo Kalimantan Barat, Andreas Acui Simanjaya mengatakan, karyawan merupakan aset perusahaan yang harus dijaga dengan baik. Untuk itulah, Apindo menyambut baik kerja sama dengan pemerintah dalam melaksanakan KB Perusahaan ini. “Keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya KB Perusahaan ini berupa peningkatan produktivitas dan kinerja karyawan sehingga perusahaan dapat memperoleh output yang lebih besar dan dapat menghemat biaya-biaya yang terkait dengan masalah kesehatan karyawan,” terangnya.
            Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Akip menuturkan, program KB merupakan investasi yang tak ternilai harganya bagi pembangunan karena melalui program KB dapat membentuk keluarga yang berkualitas.
            Menurut dia, kegagalan program KB mengakibatkan timbulnya masalah kependudukan yang mempengaruhi beberapa lini kehidupan diantaranya pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. “Semakin banyak anak yang dimiliki, maka semakin berat beban biaya kehidupan yang ditanggungnya,” tukasnya.
            Dia menambahkan, sosialisasi program KB di lingkungan perusahaan perlu dilakukan agar perusahaan peduli terhadap program KB karena dengan keikutsertaan karyawan dalam ber-KB membuat konsentrasi karyawan terfokus pada pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. “Saya berharap perusahaan dapat memberikan kesejahteraan terhadap karyawannya berupa fasilitas kesehatan termasuk pelayanan KB,” pungkasnya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks