Cegah Konflik Antar Agama dan Etnis

Menyikapi keprihatinan terkait aktivitas konflik di beberapa daerah yang dapat memicu kerawanan sosial serta mencermati kondisi Kota Pontianak, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Pontianak, Rabu (21/9) menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Forum Pembaharuan Kebangsaan, Forum Komunikasi Umat Beragama dan Komunitas Intelijen Daerah di aula rumah jabatan Wakil Walikota Pontianak.
            Menurut Wakil Walikota Pontianak, Paryadi mengatakan rakor yang melibatkan tokoh-tokoh agama maupun etnis ini sebagai upaya meningkatkan kebersamaan antar agama dan antar etnis yang ada di Kota Pontianak sehingga masyarakat paling bawah bisa melihat langsung keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara di kota ini. “Paling tidak tokoh-tokoh agama dan etnis bersatu, duduk satu meja dan bergandengan tangan dalam kegiatan apapun sebagai cerminan kehidupan masyarakat kita yang harmonis,” ujar Paryadi usai memimpin rakor.
            Dia menilai, potensi konflik di Kota Pontianak ini ada namun dalam konteks tertentu, misalnya kegiatan olahraga yang dapat memicu perkelahian dan bisa saja berkembang. “Ini bisa saja disebabkan umumnya pemuda atau remaja yang memiliki rasa ego dan semangat yang begitu tinggi sehingga berpotensi timbulnya konflik. Ini yang kita coba berikan pemahaman kepada masyarakat dalam mencegah munculnya konflik,” jelasnya.
            Untuk itu, sebagai salah satu tindak lanjut dari rakor ini, lanjut dia, dengan mengambil momen Hari Jadi Kota Pontianak bulan Oktober mendatang, tokoh-tokoh yang hadir berinisiatif untuk menggelar semacam doa atau ikrar bersama antar tokoh agama dan etnis. “Kita sedang menggodok ini, apakah nantinya dalam bentuk doa bersama atau ikrar bersama dalam mewujudkan kehidupan antar agama dan antar etnis yang harmonis di Kota Pontianak,” tutupnya. (jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks