Manfaatkan Lahan Tidur

Wakil Walikota Pontianak, Paryadi mengajak kaum muda khususnya remaja untuk peduli dan selalu mencintai lingkungan dengan berbagai cara misalnya tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan, menanam pohon atau sayur-sayuran dan buah-buahan dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar. Demikian diungkapkannya pada gelaran Pontianak Berkebun dalam rangkaian kegiatan Pontianak Green Youth Festival, Minggu (20/5) pagi di halaman Taman Budaya.
            Pontianak GreenYouth Festival ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Komunitas Pontianak Berkebun yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif agar lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yakni memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif hijau yang dilakukan oleh peran masyarakat dan komunitas sekitar serta memberikan manfaat bagi mereka.
            “Saya berharap khususnya kepada Komunitas Pontianak Berkebun, kedepannya untuk bisa terus bekerja sama dengan semua stakeholder dan Pemerintah Kota Pontianak karena kegiatan ini sangat baik dan luar biasa. Luar biasa sekali melihat antusias dan semangat bahwa masyarakat kita cukup peduli terhadap persoalan lingkungan yang ada di sekitar kita,” ujar Paryadi.
            Paryadi juga meminta agar seluruh pihak terus gencar mengkampanyekan peduli lingkungan agar masyarakat menyadari dan memupuk kepedulian untuk mencintai lingkungan.
            Menurut Paryadi, kepedulian lingkungan tidak hanya terbatas kepada kelompok-kelompok seperti pencinta alam tetapi juga masyarakat ikut berperan dalam kepedulian lingkungan. “Ini hal yang sangat positif. Kedepannya kegiatan ini saya harap bisa dilakukan lebih maksimal bekerja sama dengan stakeholder dan Pemerintah Kota Pontianak,” tuturnya.

            Ketua Panitia Pontianak Green Youth Festival, Maria Ulfa mengungkapkan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati satu tahun Komunitas Pontianak Berkebun. “Kita mengajak khususnya para remaja untuk memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan yang ada di sekitar dengan menanam sayur-sayuran maupun buah-buahan sehingga dengan demikian paling tidak kita bisa membantu mengurangi pengeluaran kebutuhan rumah tangga,” pungkasnya.
            Kegiatan Pontianak Berkebun ini diawali dengan berjalan kaki bersama dari Taman Budaya menuju Auditorium Untan. Di sana telah disediakan pekarangan kosong tepatnya di belakang gedung Auditorium Untan. Wakil Walikota Pontianak juga berkesempatan ikut menanam tomat dan brokoli bersama-sama Komunitas Pontianak Berkebun. (jim)

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks