Sutarmidji Ajak Perusahaan Peduli RTH

Walikota Pontianak, Sutarmidji menyambut baik kepedulian pihak swasta dalam membantu program Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak khususnya program perbaikan rumah tak layak huni (RTH). Salah satu perusahaan yang peduli terhadap perbaikan RTH, PT. Diamond Indosatria, Selasa (12/6) memberikan bantuan senilai masing-masing Rp 7,5 juta untuk perbaikan RTH bagi sepuluh warga Kota Pontianak yang kurang mampu sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) di ruang rapat Walikota. “Ini bentuk nyata dari kepedulian perusahaan  atau pengusaha yang ada di Kota Pontianak,” ujar Sutarmidji.
            Dia mengajak pengusaha maupun perusahaan yang ada di Kota Pontianak untuk berpartisipasi  dalam membantu program pemerintah khususnya program perbaikan RTH ini karena dengan demikian bisa mengurangi kemiskinan serta menciptakan iklim usaha yang kondusif. “Kalau kemiskinan berkurang dan pendapatan masyarakat sudah cukup baik, maka akan berpengaruh pada iklim usaha yang kondusif dan pertumbuhan usahanya semakin meningkat. Saya berharap ini diikuti perusahaan-perusahaan lain,” ungkapnya.
            Pemkot mematok target perbaikan RTH ini sekitar seribuan rumah. Selain CSR, sumber dana perbaikan RTH juga berasal dari bantuan Kementerian Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Pemkot hanya sebatas mengawasi pelaksanaannya. Pemkot juga menganggarkan dana untuk perbaikan RTH dalam APBD sebesar Rp 2 miliaran setiap tahunnya. “Tahun depan mungkin akan kita tingkatkan karena saya maunya ada peningkatan,” katanya.
            Permasalahan RTH yang dihuni atau dimiliki oleh warga kurang mampu memiliki multidimensional. Oleh karenanya, kepedulian untuk menangani masalah tersebut diharapkan terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat (stakeholder) baik pemerintah pusat maupun daerah, dunia usaha, masyarakat, LSM dan elemen lainnya.
Setelah perbaikan RTH, Pemkot akan melanjutkan programnya terkait masalah pendidikan dan kesehatan  bagi warga penghuni RTH tersebut. (jim)       

0 komentar:

Posting Komentar

Followship

 
 

© Bluberry Template Copyright by Kota Pontianak

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks